Deskripsi Jurusan-jurusan Sains Non-Teknik di Perguruan Tinggi




Deskripsi Jurusan-jurusan Sains Non-Teknik di Perguruan Tinggi, mahasiswa sains

Jurusan-jurusan sains non-teknik lebih bersifat keilmuan, kecuali yang berhubungan dengan seni seperti arsitektur dan desain produk industri. Materi pada jurusan sains lebih dalam dan lebih luas. Siswa yang suka penelitian dan pendalaman materi sangat cocok di jurusan-jurusan ini.

Berikut ini adalah jurusan-jurusan sains non-teknik di perguruan tinggi.


Arsitektur







Merancang bangunan yang mengoptimalkan seni yang kreatif imaginatif berdasarkan teknologi untuk memberikan pemanfaatan ruang yang nyaman dan indah bagi aktivitas manusia dan lingkungannya.


Kemampuan penunjang


Matematika (skala & konsep tiga dimensi), seni dan kemampuan menggambar berskala.


Bidang Minat


Arsitektur Pemukiman dan Hunian, Ilmu dan Teknologi Arsitektur, Struktur Bangunan Terpadu, Studio Perancangan Arsitektur, Teknologi dan Perencanaan Bangunan.


Lapangan Kerja


Arsitek, perancang proyek, konsultan, dosen, peneliti, aktivis LSM.


Arsitektur Lansekap


Perancangan arsitektur pertamanan (PRA) dan perencanaan arsitektur pertamanan ( PRE ) untuk menghasilkan tata ruang taman yang indah dan terpadu dengan lingkungan untuk daerah rekreasi, hotel, resort, daerah cagar budaya, daerah industri dan agrowisata.


Kemampuan Penunjang


Matematika (skala dan konsep tiga dimensi), seni dan kemampuan menggambar berskala


Lapangan Kerja


Arsitek, perancang proyek, konsultan, dosen, peneliti, aktivis LSM.

Ebook Pembahasan Soal SBMPTN


Desain Produk Industri


Mempelajari rancang bangun peralatan dan perlengkapan kebutuhan hidup yang artistik, fungsional, ekonomis, dan ramah lingkungan, yang meliputi karya berupa produk industri, media komunikasi visual, serta desain interior.


Bidang Minat


Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual (grafis), Desain Interior.


Lapangan kerja


Berkiprah secara profesional di dalam berbagai industri sebagai desainer, marketing, dan manajemen, atau wiraswasta.


Sistem Informasi


Mempelajari metode penyimpanan data dalam bentuk basis data untuk selanjutnya diolah agar menjadi informasi terpadu dalam bentuk sistem informasi.


Kemampuan Penunjang


Gambar berskala, ketelitian.


Lapangan Kerja


Konsultan rancang bangun perangkat lunak sistem informasi, perusahaan atau instansi pemerintah pada bagian sistem informasi dan pengolahan data.


Statistika


Menganalisis data menggunakan teknik-teknik statistika meliputi perhitungan yang didukung dengan cara ilmiah untuk mengumpulkan, menabulasi, menggolongkan hingga dapat diartikan.


Kemampuan Penunjang


Statistika, matematika.


Bidang Minat


Analisis dan Perancangan Survei, Metode Numerik dan Riset Operasi, Metode Simulasi dan Pemodelan Matematika, Metode Statistik Riset Pemasaran, Pengendalian Mutu dan Kelayakan.


Lapangan Kerja


Pusat dan penelitian berbagai instansi.


Perancangan Wilayah dan Kota


Mempelajari aspek-aspek pengembangan kota dan daerah agar pembangunan kota dan daerah lebih terarah, perencanaan kebijaksanaan pembangunan, perumahan/pemukiman, tata bangunan dan lingkungan, perencanaan prasarana dan sarana kota, dan perencanaan manajemen kota.


Kemampuan Penunjang


Fisika, matematika.


Bidang Minat


Perencanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Wilayah, Perencanaan, Perancangan, Pengembangan Sarana Prasarana dan Pemukiman Urban, Transportasi, Pariwisata, serta Tata Kota.


Lapangan Kerja


Konsultan, pemerintahan (Dinas Tata Kota, perhubungan, perindustrian, perumnas), dosen.


Oseanografi


Mempelajari laut dan segala fenomenanya.


Kemampuan Penunjang


Memiliki kesehatan yang baik, ketahanan dan kekuatan fisik yang cukup, dan tidak cacat jasmani karena banyak kegiatan laboratorium lepas pantai.


Bidang Minat


Studi Dinamika Pasang Surut, Arus dan Gelombang Laut, Studi Abrasi dan Sedimentasi Pantai, Studi Penanggulangan Dampak Penyebaran Polutan Laut, Teknologi Pemanfaatan dan Pemetaan Sumber Daya Kelautan.


Lapangan Kerja


Departemen Kelautan, Dephub seperti PT PELNI, TNI Angkatan Laut, LIPI, perusahaan pengeboran minyak lepas seperti Mobil Oil.


Meteorologi







Mengkaji fenomena dan proses yang terjadi di atmosfer. Hasil proses data meteorologi dalam aplikasi skala global dimanfaatkan dalam klimatologi yang menjelaskan berbagai fenomena dan gejala atmosfer jangka panjang.


Kemampuan Penunjang


Matematika, fisika, bahasa Inggris.


Bidang Minat


Hidrometeorologi, Klimatologi (Ilmu Cuaca), Meteorologi Pengamatan Cuaca, Meteorologi Pertanian dan Lingkungan, Meteorologi Satelit.


Lapangan Kerja


Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), LAPAN, Angkatan Laut, Dephub, Dephankam, BPPT, perusahaan penerbangan seperti GIA, Merpati.


Geofisika


Mempelajari struktur bawah permukaan bumi untuk mengetahui kandungan mineral di dalam bumi dengan menggunakan pengukuran, hukum, metode, dan analisis, fisik serta pemodelan matematika untuk mengeksplorasi dan menganalisis struktur dinamik bumi dengan tujuan mencari mineral-mineral yang berguna bagi kehidupan manusia.

Kegiatan mahasiswa geofisika



Kemampuan Penunjang


Fisika, matematika, bahasa Inggris.


Bidang Minat


Instrumentasi Geofisika, Geofisika Lingkungan, Geofisika Numerik dan Komputasi, Metode Geofisika Eksplorasi, Pemprosesan dan Pemodelan Data Geofisika.


Lapangan Kerja


Perusahaan minyak seperti Pertamina, Caltex, mobil oil, schlumberger; peneliti di direktorat minyak bumi gas; Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG); Direktorat Vulkanologi.


Geografi


Mempelajari permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia yang mengkaji populasi dan pemanfaatan segala kekayaan bumi, mengkaji peristiwa-peristiwa alam seperti iklim serta mengkaji interaksi-interaksi manusia dengan lingkungannya.


Kemampuan Penunjang


Ilmu alam, mempunyai ketahanan fisik yang kuat, rajin, cermat.


Bidang Minat


Geografi Fisik dan Lingkungan, Geografi Wilayah dan Regional Negara, Geografi Manusia/Kependudukan,
Sistem Informasi Geografis, Kartografi, dan Penginderaan Jarak Jauh.


Lapangan Kerja


Instansi pemerintah seperti dinas PU, BPN, BKKBN, Dispenda, dan Biro Pusat Statistik (BPS), dosen.


Biokimia


Mempelajari peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup.


Kemampuan Penunjang


Biologi dan kimia.


Lapangan Kerja


Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peternakan, pertanian, kehutanan, peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes, rumah sakit, industri farmasi, kosmetika, dosen.


Astronomi


Mempelajari benda dan isi jagad raya.

Kegiatan mahasiswa jurusan astronomi



Kemampuan Penunjang


Fisika, matematika, bahasa Inggris.


Bidang Minat


Astronomi Plasma, Astronomi Relativistik, Atmosfer Bintang, Benda Kecil dalam Tata Surya, Benda Ganda, Dinamika Sistem Antarbintang, Evolusi Bintang, Lintasan Satelit, Materi Antarbintang.


Matematika


Mengembangkan matematika baik sebagai ilmu maupun sebagai alat untuk pengembangan ilmu-ilmu lain seperti fisika, kimia, biologi, teknik, ekonomi, dan lain-lain.


Bidang Minat


Aljabar dan Geometri, Matematika Analisis, Matematika Komputasi (Komputer), Matematika Murni, Matematika Terapan, Statistika.


Lapangan Kerja


Pemerintah (BATAN, LAPAN, Dinas PU, DEPTEN, HANKAM, LIPI, BPPT, Bakorsultanal), perusahaan komputer, perusahaan minyak, bank, dosen.


Kimia


Mempelajari aspek bahan kimia dan reaksi kimia.


Bidang Minat


Biokimia, Kimia Analitik, Kimia Fisika, Kimia Karbon, Kimia Organik.


Lapangan Kerja


Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes, rumah sakit, farmasi, kosmetika, dosen.


Fisika


Mengembangkan ilmu fisika murni, fisika inti, fisika modern, elektronika, instrumentasi, geofisis, dan optik.


Kemampuan Penunjang


Fisika dan matematika.


Bidang Minat


Elektronika dan Instrumentasi, Fisika Atom dan Nuklir, Fisika Material, Fisika Medis, Fisika Optik, Fisika Teoretis, Fisika Zat Padat, Geofisika (Fisika Bumi).


Lapangan Kerja


BATAN, LAPAN, BPPT, PPIPTEK, P3FT, perusahaan minyak (Caltex, Union, Oil), dosen.


Biologi







Mengembangkan sumber daya hayati dengan perekayasaan biologi (bioteknologi).


Bidang Minat


Biomanajemen, Biosains, Bioteknologi, Botani, Ekologi $ Biologi Lingkungan, Genetika, Mikrobiologi, Taksonomi, Zoology.


Lapangan Kerja


Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peternakan, pertanian, kehutanan, peneliti di LIPI, LBN, Biotrop, Depkes.


Aktuaria



Aktuaris: Profesi Jurusan Aktuaria


Mempelajari pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Jurusan ini masih terdengar asing di telinga kita tapi sangat populer di luar negeri. Ke depan lulusan dari jurusan ini sangat dicari karena ada keputusan Menteri Keuangan yang menyatakan bahwa setiap perusahaan asuransi jiwa minimal harus mempunyai seorang aktuaris.

Sampai saat ini, jurusan aktuaria hanya ada di 5 universitas ternama di Indonesia, yaitu UI, ITB, ITS, UGM, dan IPB. Kelima perguruan tinggi tersebut telah bekerja sama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) sehingga lulusannya langsung mengikuti uji sertifikasi untuk menjadi aktuaris.


Kemampuan Penunjang


Matematika, statistika, teori peluang, ekonomi, manajemen bisnis, dan sains komputer.


Lapangan Kerja


Aktuaris pada perusahaan asuransi jiwa, perbankan, dan perusahaan keuangan lainnya.

Deskripsi berikutnya silakan tunggu Deskripsi Jurusan-jurusan Kependidikan di Perguruan Tinggi.

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url