![Bangun ruang Bangun ruang, Pembahasan Matematika SMP UN 2019 No. 31 - 35 Paket 2](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgX3Ia427pe7uLiMbG0exmjRPgPVRmgZKXGzmToHfw5Bfx3VgYtaNSXzVterHPdOlVM31c5d52gL7rth4IhTrykW5YkuNHQ1hE4AzE9wvkkJfbtFS7KicWLBTD3l-OnMwrRnM21zLytjzM/s1600/bangun-ruang-smp.jpg)
Pembahasan soal Matematika SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2019 Paket 2 nomor 31 sampai dengan nomor 35 tentang:
- penerapan segitiga sebangun,
- volume bangun ruang sisi lengkung,
- luas permukaan bangun ruang,
- luas gabungan bidang datar, dan
- statistika [modus].
Soal No. 31 tentang Penerapan Segitiga Sebangun
Sebuah pohon yang berada di depan gedung mempunyai tinggi 8 m. Pada saat yang sama bayangan gedung berimpit dengan bayangan pohon seperti tampak pada gambar di bawah ini.
![Bayangan pohon dan gedung Bayangan pohon dan gedung, segitiga sebangun, gambar soal matematika SMP UN 2019](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNEbaP414doTxKwItAH02yIxsP7EBOEsdHCo_Sn22honxCexadJ5l0WqGuzQFk4dAgdzvHtWGRM8FIzHKTOvlZ9TrLAbvHFAzxitQzCZ6wYT-220v_IEeuBFOhKh6viwhqwEuUAj0Q-Lk/s1600/bayangan-pohon-gedung.jpg)
Tinggi gedung yang sesuai ukuran tersebut adalah ….
A. | 5,30 m |
B. | 6,25 m |
C. | 10,00 m |
D. | 12,00 m |
Pembahasan
Perhatikan gambar berikut ini!
![Sketsa bayangan pohon dan gedung Sketsa bayangan pohon dan gedung, membentuk dua segitiga sebangunj](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgx1MHPWWkQlXfKAysjHFa1Nv5QFPItvNjhKZS2QXUBMnVCpBShxD8iLhpVoJiN7Jx2CoS50_j2yQnhsAO2-P2pyWaD2ZUxzviCkVG40LwpOsEeR8ZiK8BK75uPXaUmoOh4hUWYboHvuvA/s1600/sketsa-bayangan-pohon.jpg)
Segitiga ABC sebangun dengan segitiga DBE sehingga:
![Perbandingan sisi-sisi segitiga sebangun Perbandingan sisi-sisi segitiga sebangun](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVEpI8GPezwyl5j956v1d-oXBOeL9BQ05KOIUZbzxso6pIfT4bLMxW9WxkD_wvlv0R34jXbW9Z5fQD9MQ3h1dRyysUlZr4247tJZgX_-m3sA0SzyEUoFB6PIeyKLWAh4icxzV0qGuGTlI/s1600/banding-sisi-sebangun.jpg)
Jadi, tinggi gedung tersebut adalah 12,00 m (D).
Soal No. 32 tentang Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung
Volume tabung yang memiliki panjang jari-jari 10 cm dan tinggi 14 cm adalah … (π = 3,14)
A. | 4.396 cm3 |
B. | 3.600 cm3 |
C. | 2.800 cm3 |
D. | 2.200 cm3 |
Pembahasan
Volume tabung dapat dicari dengan rumus:
V | = | πr2 t |
= | 3,14 × 102 × 14 | |
= | 4396 |
Jadi, volume tabung tersebut adalah 4.396 cm3 (A).
Soal No. 33 tentang Luas Permukaan Bangun Ruang
Pengrajin membuat topi dari karton dengan bentuk seperti tampak pada gambar.
![Topi karton Luas permukaan topi, luas katon yang dibutuhkan, gambar soal luas permukaan bangun datar, matematika SMP UN 2019](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIoICJ2y_8eU0EvjLKwzw-QFMPYeE9NvXHr3aPpM8nHEQWQQ-nPIgw9HO1SBeqhhqI7thFmIvxs4xJQkKYjujrNr48oP80AIhQRIZEG-Cobb7Qqmkafu70q19SaM5Qo8FPMQqIMOz_G58/s1600/topi-karton.jpg)
Luas karton yang dibutuhkan adalah … (π = 3,14)
A. | 1.695,6 cm2 |
B. | 1.758,4 cm2 |
C. | 2.072,4 cm2 |
D. | 2.386,4 cm2 |
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_kb9vMdebK2SKc5vxRiLREN6RC0cvoOG034oi5-fg-1zNPJfiZiXyidHJqZhGCoN4BpT7UZM895L7iB8klLYsAGb3BlvMMx9kfq9doLxwWcbE46QA7ys9XIltPj_VqKy42WkC543nVng/s1600/banner-ebook.jpg)
Pembahasan
Topi tersebut terdiri dari bagian crown yang berupa kerucut dan bagian brim yang berupa lingkaran. Luas permukaan crown merupakan luas selimut kerucut.
LC | = | πrs |
= | 3,14 × 10 × 26 | |
= | 816,4 |
Sedangkan luas permukaan brim adalah selisih luas lingkaran berjari-jari 20 cm dengan 10 cm.
LB | = | π(R2 − r2) |
= | 3,14 × (202 − 102) | |
= | 3,14 × (400−100) | |
= | 3,14 × 300 | |
= | 942 |
Dengan demikian, luas seluruh permukaan topi tersebut adalah:
L | = | LC + LB |
= | 816,4 + 942 | |
= | 1758,4 |
Jadi, luas karton yang dibutuhkan adalah 1.758,4 cm2 (B).
Soal No. 34 tentang Luas Gabungan Bidang Datar
Perhatikan gambar!
![Luas gabungan dua segitiga Luas gabungan dua bangun datar (segitiga), gambar soal matematika SMP UN 2019](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiW3xZrEfOCu6LTvxWgU6qyCqXjaZ0CyWbetwGK9r2Mu-4T2wVoBnGRccJE8nC10V4wd350Id3fLHgv9EnFzIINVYXHKVSr3rrQrhy8zCp7yoY0F9BM9gCFtw7WD_g8z0hBXRMJ-Kk370g/s1600/Luas-segitiga-sebangun.jpg)
Jika luas daerah yang tidak diarsir 176 cm2, luas daerah yang diarsir adalah ….
A. | 90 cm2 |
B. | 80 cm2 |
C. | 45 cm2 |
D. | 40 cm2 |
Pembahasan
Kita tentukan dulu luas masing-masing segitiga.
Luas gabungan dua bangun sama dengan luas tanpa arsiran (L) ditambah dua kali luas arsiran (L’).
Lgab | = | L + 2L' |
96 + 160 | = | 176 + 2L' |
256 | = | 176 + 2L' |
2L' | = | 80 |
L' | = | 40 |
Jadi, luas daerah yang tidak diarsir adalah (D).
Cara lebih detail bisa disimak di Pembahasan Matematika SMP UN 2019 Paket 1 No. 34
Soal No. 35 tentang Statistika [modus]
Data tinggi badan 20 siswa (dalam cm) sebagai berikut:
157, 159, 159, 156, 157, 157, 158, 158, 160, 160, 161, 158, 159, 159, 156, 156, 157, 159, 160, 160
Modus tinggi badan siswa adalah ….
A. | 157 cm |
B. | 158 cm |
C. | 159 cm |
D. | 160 cm |
Pembahasan
Modus adalah nilai yang sering muncul atau frekuensi tertinggi. Untuk mempermudah pengamatan, kita tabel sebagai berikut:
![Tabel untuk menentukan modus Tabel untuk menentukan modus](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJ0jdsjKPrcBfKydgMuNNlur6g25HTxJqyKZilbyAn_XtdhVjugsidnYpP0Z_g9_nDMogGqNBrGU2FWIF0RCZDjarFqoN2GOh4y38W1xNxJIBMnI6uGIpnf1ZgSYmNjLvG0AEBGgF9GVo/s1600/tabel-modus-smp.jpg)
Jadi, modus tinggi badan dari 20 siswa tersebut adalah 159 cm (C).
Simak Pembahasan Soal Matematika SMP UN 2019 Paket 2 selengkapnya.
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.